Wednesday, March 23, 2011

Cara Mengganti Repositori Ubuntu 10.04 ke Server Lokal

Ada ribuan program yg telah siap untuk diinstal ke Ubuntu Anda. Program-2 ini disimpan dalam arsip perangkat lunak (repositori) dan siap untuk diinstal lewat Internet. Hal ini menjadikan instal program baru sebagai pekerjaan yg mudah. Selain itu juga aman! Karena setiap program telah diuji coba dan dibangun khusus untuk Ubuntu.



Bila Anda tidak punya koneksi Internet yg memadai, Anda bisa memakai fasilitas DVD Repository Ubuntu
Repositori perangkat lunak Ubuntu dikelola dlm empat "komponen", berdasar pd tingkat dukungan yg bisa diberikan Ubuntu, dan kecocokan dg Ubuntu's Free Software Philosophy. Komponen-komponen ini terdiri dari Main (perangkat lunak yg didukung secara resmi), Restricted (perangkat lunak yg didukung namun tidak termasuk dalam lisesi bebas penuh), Universe (dirawat oleh komunitas, yakni perangkat lunak yg tidak didukung secara resmi) dan Multiverse (perangkat lunak yg "tidak bebas"). Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang Repositori Ubuntu di sini.
Ubuntu Install CD berisi perangkat lunak dari komponen Main dan Restricted. Begitu sistem Anda dibuat memperhatikan lokasi-lokasi basis Internet untuk repositori ini, banyak program yg siap untuk diinstalkan. Penggunaan perkakas manajemen paket perangkat lunak telah diinstal pd sistem Anda, Anda dapat mencari, menginstal dan memutakhirkan setiap bagian dari perangkat lunak langsung lewat Internet tanpa harus membutuhkan CD.

Jika dilakukan elalui internet terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama. maka dari itu agar mempersingkat waktu kita bisa mendownload dari server lokal. Caranya :

1. Buka terminal lalu ketik
$ sudo cp /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.copy
$ sudo gedit /etc/apt/sources.list

2. ketika sudah terbuka sorces.listnya maka hapus semua dan masukan kode dibawah ini

### sources.list.foss-id### Repository dengan menggunakan server mirror foss-id.web.id### Untuk rilis lain selain lucid silakan ganti semua kata lucid### dengan misalnya karmic atau jaunty dsb## REPOSITORY UTAMAdeb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid main restricted universe multiversedeb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid main restricted universe multiverse## INI UNTUK MAJOR BUG FIX UPDATESdeb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid-updates main restricted universe multiversedeb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid-updates main restricted universe multiverse## INI UNTUK UBUNTU SECURITY UPDATESdeb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid-security main restricted universe multiversedeb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid-security main restricted universe multiverse

3. save dan close sources.list tersebut lalu kembali ke terminal dan ketik
$ sudo apt-get update

Tunggu sampai update selesai ..

untuk refferensinya bisa di lihat disini

No comments:

Post a Comment