Monday, April 4, 2011

Membuat Flashdisk Terenkripsi di Ubuntu

Sebelum memformat flashdisk dan mengenkripsinya (memberikan password), ada satu paket yang perlu diinstall. yang berfungsi memberikan password pada flashdisk. Jalankan perintah berikut di Terminal.

sudo apt-get install cryptsetup

Selanjutnya, colokkan flashdisk Anda. Pastikan tidak ada data lagi di dalamnya, karena kita akan memformatnya. Setelah flashdisk dikenali oleh Ubuntu Anda, jalankan program Disk Utility. Akses dari Menu System -> Administration -> Disk Utility.
Yang pertama harus dilakukan adalah meng-unmount media.


Unmount Media

Setelah media flashdisk sukses di unmount, sekarang kita bisa memformat media tersebut.

Format Flashdisk
Anda akan dihadapkan menu-menu berikut.
Setelah selesai memformat, restart komputer Anda. Ya tahapan ini terpaksa harus Anda lakukan agar media yang sudah diformat bisa dikenali oleh sistem dan bisa di buka dengan baik.
Setelah komputer di restart, colokkan kembali flashdisk yang sudah dienkripsi tadi. Sekarang Anda akan dihadapkan dengan menu berikut. Media flashdisk hanya akan bisa dibuka jika password yang Anda masukkan benar, seperti yang Anda setting saat memformat flashdisk sebelumnya.
Jika password yang dimasukkan benar, ikon flashdisk dengan gambar gembok terbuka akan muncul di dekstop Anda.

Catatan

Cryptsetup di Ubuntu menggunakan Linux Unified Key Setup atau LUKS. Format enkripsi ini bisa digunakan juga di Windows dengan bantuan aplikasi FreeOTFE.
Mac OS X (Leopard, Snow Leopard) tidak bisa mengenali format LUKS ini (setidaknya belum ada yang mengimplementasikannya), jadi dipastikan Anda tidak bisa menggunakan flashdisk terenkripsi ini di Mac OS X.

No comments:

Post a Comment